Cari Blog Ini

Popular Posts

Apa Itu Flange Bearing UCFL208?

Jenis flange bearing UCFL208 memiliki fungsi yang cukup fleksibel. Sayangnya tidak banyak orang tahu lebih banyak tentang model ini. Untuk kebutuhan berbagai industri, pengetahuan tentang bearing dan parts tentu penting, karena itu mari bahas bersama tentangnya. Jika lebih tahu, Anda dengan mudah menggunakan bearing ini. Mengenal Flange Bearing UCFL208 Flange bearing adalah salah satu model bearing housing yang didesain untuk kebutuhan load radial tinggi. Bentuknya lebih solid dan hanya menggunakan casing untuk mengontrol bearing lebih baik. Ketebalan casing untuk housing bearing sengaja lebih tebal untuk hadapi kondisi tekanan tinggi. Jadi di mesin – mesin industri berat, resiko bearing rusak menjadi lebih kecil. Fitur – Fitur Bearing UCFL208 Sebagai bearing dengan desain khusus yang lebih kuat dibandingkan variant lain, tentu bearing ini menawarkan lebih banyak fitur. Berikut adalah penjelasan tentang fitur – fitur tersebut: Merupakan kombinasi bearing insert UC 208 dengan cast iron

The Advantages and Disadvantages of Deep-Groove Ball Bearings

When it comes to bearings, there are many different types to choose from. While most people have heard of ball bearings, they may not be familiar with deep-groove ball bearings . In this blog post, we will explore the advantages and disadvantages of deep-groove ball bearings so that you can make an informed decision about whether or not they are right for you. Deep-groove ball bearings are a type of bearing that is used in a variety of applications. They are characterized by their deep groove which allows for high levels of radial load capacity. Additionally, they can also accommodate some axial loads. What are deep-groove ball bearings? Deep-groove ball bearings are a type of bearing that is designed to handle radial and axial loads. These bearings have deep, grooved raceways in the inner and outer rings that enable them to handle both types of loads. Deep-groove ball bearings are the most widely used type of bearing and can be found in a variety of applications, such as motors, pum

BEARING 6905 ZZ NR NTN

 BEARING 6905 ZZ NR NTN At PT Reykatama Kimasu Indonesia, we specialize in supplying industrial bearings and MRO products. Our vast range of products includes standard and custom bearings, sealed bearings, rolling bearings, and thrust bearings. Our team of experts is dedicated to providing you with the highest quality products and services available. Contact us today to learn more about our Bearing products!     Industrial Supplier for MRO Needs of Automotive Bearings Introduction If you are in need of an industrial supplier for MRO needs of automotive bearings, look no further than ABC Bearings. We have been in the business for over 20 years and have supplied bearings to some of the largest automotive manufacturers in the world. The automotive bearing industry The automotive bearing industry is a vital part of the global economy, providing critical components for vehicles of all types. This industry is highly competitive, with companies vying for market share and profits. In order

Begini Cara Baca Kode Bearing

Di dalam dunia mekanik dan mesin, terdapat satu komponen yang tak kalah penting namun kerap terabaikan yaitu bearing, yang dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai bantalan. Nama lain yang sering digunakan adalah laher ucfl208, terutama di kalangan mekanik dan tukang bengkel. Fungsi utama dari bearing adalah untuk menahan dua komponen mesin yang saling bergesekan supaya gesekan yang terjadi tidak terlalu berlebihan sehingga bisa merusak mesin itu sendiri. Anda bisa mendapatkannya dari supplier bearing terdekat.


Fungsi lainnya adalah untuk menjaga perputaran poros agar selalu sesuai dengan sumbunya, pada jalurnya. Tanpa adanya bearing maka suatu mesin akan sangat sulit untuk bisa bekerja secara optimal. Gesekan yang ditimbulkan akan membuat mesin cepat panas. Jika mesin cepat panas maka akan cepat aus. Bearing biasa ditemui pada tempat-tempat yang membutuhkan perputaran, seperti as roda misalnya.

Peran bearing sangat penting demi kenyamanan, keselamatan, dan efektifitas kerja suatu komponen atau mesin. Apabila bearing skf 6209 rusak segeralah ganti dengan yang baru karena bearing yang rusak tidak bisa diperbaiki. Jika tidak segera diganti bearing yang rusak akan menimbulkan kerusakan komponen lainnya. Memeriksa dan memberikan pelumas oli secara rutin bisa anda lakukan sebagai bagian dari perawatan.

Komponen Penyusun Bearing


Meskipun bentuknya simpel dan berukuran kecil, bearing 6804 2rs memiliki beberapa komponen penyusun. Mulai dari seal, outer ring, rolling elements, cage, hingga inner ring. Komponen-komponen tersebut membentuk bearing yang kokoh dan tahan lama. Hal itu penting karena letak bearing yang berada di dalam membuatnya susah diakses sehingga akan sangat merepotkan jika harus sering mengganti bearing.

Berikut adalah komponen-komponen yang secara umum digunakan dalam penyusunan sebuah bearing:

1. Outer dan inner ring


Outer dan inner ring ini digunakan sebagai jalur untuk menahan bola tetap berada di tempat semestinya. Biasanya dibuat dari bahan material keras seperti baja, yang membuatnya mampu mempengaruhi beban yang diterimanya dan bisa tahan lama.

Ada juga yang menggunakan dari bahan plastik atau keramik. Namun penggunaan bearing 6204 2rs skf dengan bahan dasar keramik atau plastik tidak ditujukan bagi mesin atau komponen yang memiliki tekanan dan temperatur yang tinggi.

2. Rolling elements


Bagian inilah yang akan mengisi atau akan bergulir di outer dan inner ring. Bentuknya bisa berupa roller atau tabung silinder, bola, cone atau bisa juga needle keras.Ada juga rolling elements yang terbuat dari plastik dan keramik.

3. Cage atau kandang


Sedangkan bagian cage ini memiliki peran layaknya kandang yang menjaga rolling elements berada di tempat yang semestinya. Jika tidak ada kandang ini maka rolling elements tadi bisa bergulir tidak karuan dan bertabrakan satu sama lain.

4. Seal atau cover


Untuk bagian penutup ini sebenarnya opsional karena ada bearing r8rs yang menggunakannya ada juga yang tidak. Untuk fungsinya sendiri dari penutup ini adalah mencegah masuknya kotoran ke bearing sehingga pelumas yang ada di dalamnya tetap bersih dan bekerja secara optimal.

Jenis dan Bentuk Bearing


Meskipun semua bearing memiliki tujuan dan ukuran yang hampir sama, namun dalam penerapannya memiliki sedikit perbedaan namun kentara. Terdapat beberapa jenis dan bentuk bearing yang bisa kita kategorikan berdasar cara kerjanya dan anda dapatkan di supplier bearing terdekat, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Cup, Cone, atau Loose Bearing


Bearing skf 6211 jenis cup atau cone memiliki satu sisi yang miring supaya bisa menahan bola-bola bearing yang ada di dalamnya. Merupakan bearing yang mudah sekali ditemukan dan banyak digunakan.

Kelebihan dari jenis ini adalah desainnya yang simpel dan harganya murah. Kesederhanaannya itulah yang membuat bearing ini juga bisa lebih mudah diperbaiki dan dirawat. Dengan perawatan yang cukup baik maka bearing ini akan tahan lama karena persebaran beban cukup merata untuk tekanan atas bawah dan tekanan samping.

Kekurangan yang sering dialami bearing ini adalah sangat rentan oleh masuknya kotoran atau debu apabila tidak ditutup dengan baik. Bukan hanya membuat bearing kotor, kotoran itu bisa membuat kerja bearing tidak maksimal karena bola-bolanya jadi tidak bisa berputar dengan lancar.

Sedangkan untuk yang tipe Loose bearing merupakan bearing yang bola-bolanya tidak dibatasi oleh apapun sehingga kemungkinan gesekan keras antar bola bisa sangat mungkin terjadi. Loose bearing biasa disebut juga sebagai gotri. Nama itu lebih familiar bagi kalangan umum.

2. Bearing kandang


Kandang atau caged bearing 6906 2rs memiliki semacam rumah untuk tempat bola atau roller di dalamnya sehingga disebut sebagai kandang bearing. Adanya kandang tersebut memiliki tujuan bola atau roller yang ada di dalam bearing tidak jatuh dan saling bergesekan.

Kelebihan jenis ini adalah bola atau roller di dalam bearing bisa diatur dengan lebih baik di dalam satu lapisan maupun dua lapisan dengan berbagai posisi yang cukup fleksibel. Namun dengan adanya kandang tersebut membuat jumlah bola yang bisa diisi didalam bearing jadi berkurang sehingga jumlah beban dan besarnya tekanan yang bisa ditahan jadi lebih kecil.

3. Cartridge bearing


Inilah jenis bearing yang sering disebut juga sebagai laher. Merupakan model yang modern, memiliki tutup yang sangat rapat, dan dilapisi seal karet ekstra. Inilah yang membuat bearing ini terhindar dari kotoran dan bola-bola didalamnya bisa terjaga dengan baik. Karatan dan pelumas yang meluber bisa diminimalisir oleh bearing skf 6360 ini.

Namun kelemahannya adalah karena saking rapatnya bearing ini membuatnya sangat susah untuk dilakukan perbaikan. Jika pun bisa harganya jauh lebih mahal. Sehingga apabila jenis bearing ini rusak sebaiknya diganti yang baru.

Cara Baca Kode Bearing


Jenis dan ukuran bearing biasanya akan diberi kode atau nama tertentu yang berupa angka dan huruf. Jika belum mengetahui mungkin akan membuat bingung, namun tenang saja berikut adalah cara membaca kode atau nomor seri bearing 6009 2rs:

Misalnya kita memiliki contoh bearing dengan kode 6207-SSB4. Kode ini akan dibagi jadi lima bagian yang bisa memudahkan anda untuk membacanya. Berikut cara bacanya:

  • 1 digit pertama merupakan pernyataan dari jenis bearing nsk 6203. Contohnya adalah 6
  • 1 digit selanjutnya atau kedua menyatakan seri bearing tersebut. Di contohnya adalah 2
  • Untuk dua digit selanjutnya atau digit keempat dan kelima menyatakan diameter dari suatu bearing. Contohnya di atas adalah 07
  • Kode huruf yang pertama menunjukkan jenis bahan yang digunakan sebagai penutup bearing. Di atas contohnya adalah SS
  • Lalu yang terakhir, huruf dan angka yang paling belakang menyatakan radial clearance dari bearing tersebut. Contohnya adalah 07. Untuk contoh lainnya anda bisa beli atau dapatkan dari supplier bearing terdekat.

Contact Us


Jl. Selamat No. 58 Ciherang Wadas RT. 001/006
Karawang JABAR 41361
email: marketing@reykindo.co.id
Mobile: +62 812-9005-0919